5 TIPS MERAWAT MESIN MOTOR AGAR TETAP PRIMA

ducati-machine

Penghemat BBM – Sepeda motor biasa juga disebut raja jalanan hal ini disebabkan karena jumlah sepeda motor di jalan raya lebih mendominasi. Selain praktis karena mudah dibawa kemana-kemana oleh si pengguna harganya yang murah juga menjadi penyebab jumlah motor saat ini meningkat tiap tahunnya.

Dengan teknologi mesin motor yang dari tahun ke tahun terus berkembang, penggunaan motor saat ini tidak hanya untuk di sekitaran kota-kota besar saja tapi sudah digunakan untuk jarak yang lebih jauh seperti lintas provinsi. Saat musim mudik contohnya yang banyak orang yang menggunakan motor untuk pulang ke kampung halamannya. Selain memudahkan akses disana nanti, membawa sepeda motor juga menghemat biaya pengeluaran. Coba saja Anda lihat sekarang sudah cukup banyak motor yang bervolume silinder lebih besar dan juga menggunakan sistem pendingin seperti water cooler.

Akan tetapiterkadang seseorang kurang peduli dan kurang memperhatikan motornya karena kesibukan. Padahal dengan sedikit meluangkan waktu untuk melakukan perawatan, biaya perawatan motor yang lebih tinggi bisa terhindarkan. Agar motor lebih awet dan tetap prima untuk digunakan sehari-hari mari simak tips dari kami dibawah ini :

  1. Tips Untuk Motor Baru
    Jangan sampai Anda tidak memanfaatkan perawatan berkala gratis dealer pertama pada sebuah motor yang baru dibeli. Biasanya motor baru akan diberikan gratis oli dan juga servis 3 kali jalan. Yang pertama adalah pada KM 500, yang kedua pada KM 1000 dan yang ketiga pada KM 2000. Hal itu bukan cuma sebagai bonus saja, akan tetapi ada maksud tersendiri. Karena belum tentu motor yang masih baru tidak mempunyai kesalahan sama sekali di dalam perakitannya. Maka dari itu diperlukan pengecekan segera setelah menempuh jarak 500 km pada pemakaian pertama, untuk dapat mengetahui kemungkinan adanya sebuah kesalahan.
  2. Tips Mengganti Oli Motor
    Biasanya orang akan mengganti oli motor berdasarkan lamanya pemakaian motor, biasanya berdasarkan hitungan bulan. Namun cara seperti ini terkadang tidak baik juga untuk mesin motor, karena untuk kondisi tertentu kita juga jarang menggunakan motor atau di waktu lainnya terlalu sering. Terlalu cepat dalam mengganti oli merupakan pemborosan dan terlalu lambat mengganti oli juga sangat buruk bagi mesin motor. Disiplin dalam mengganti oli motor dan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli tersebut akan membuat motor tetap selalu prima.
  3. Periode Tune Up Secara Berkala
    Tune up sangat pentingdilakukan untuk dapat mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen motor yang aus. Setelan mesin motor dapat berubah akibat berbagai keausan yang terjadi pada beberapa bagian komponen mesin tertentu. Oleh karena itu harus rutin dilakukan penyetelan ulang dengan cara tune up ke bengkel. Debu-debu dan juga kot’oran dapat mengendap dan juga berpengaruh pada kinerja mesin motor sekaligus akan dibersihkan saat melakukan tuneup. Mengenai kapan waktu yang ideal untuk melakukan tuneup, biasanya pada buku petunjuk motor juga sudah disertakan.
  4. Cara Pemakaian Motor Yang Benar
    Jangan suka meniru berbagai adegan film dengan cara menggeber-geber gas motor Anda atau dengan melakukan tarikan gas secara spontan. Hal seperti ini akan semakin mempercepat keausan pada bagian rantai mesin, pada katup bahan bakar, pada kopling, piston dan juga stang piston. Apabila motor Anda menggunakan gigi manual, sebaiknya gunakan pemakaian gigi yang sesuai dengan kecepatan motor Anda. Jika melewati jalanan yang menanjak, motor membutuhkan tenaga yang lebih besar, maka kurangi gigi motor dengan yang lebih sesuai. Apabila motor baru mulai berjalan, jangan langsung memakai gigi 4, tapi mulailah dengan gigi 1. Hal seperti ini berpengaruh pada bagian stang piston, bagian piston, kopling dan juga rantai mesin 4 langkah.
  5. Penggunaan Untuk Jarak Jauh
    Mau melakukan perjalanan jauh ataupun keluar kota dengan jarak 80 km atau lebih? Lebih baik ganti oli motor terlebih dahulu. Perjalanan yang jauh dan nonstop akan membuat suhu oli pada mesin menjadi lebih panas, oli yang masih baru akan mengatasi keadaan seperti ini menjadi jauh lebih baik. Khusus untuk motor yang tidak menggunakan water cooler sebaiknya selalu mendinginkan mesin dengan cara berhenti sesaat pada sekitar kilometer 80.

Sekian 5 tips merawat motor agar lebih prima saat digunakan. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *