Penyebab Motor Tidak Bertenaga

busi-iridium-xp-spark-plug

Motor Tidak Bertenaga – Ada banyak hal yang membuat sebuah motor berkurang dari segi performanya, sering kali kita temukan itu yang dari kurang bertenagalah, tidak nyaman saat digunakan terlebih lagi jika menempuh perjalanan jauh. Kami akan menjelaskan satu persatu apa penyebab motor tidak bertenaga. Berikut ini beberapa tersebut :

1. Tekanan Angin
Mungkin sepele bagi kita yang mengaangap bahwa ban yang kurang angin ini tidak memberikan efek samping apa-apa. Padahal ban yang kurang angin ini berdasarkan riset, menyumbang 10-15% keborosan bahan bakar kendaraan anda. Jadi pastikan sebelum digunakan, periksa kembali tekanan angin pada ban kendaraan anda. Ini juga yang bisa menyebabkan motor tidak bertenaga di tanjakan

2. Busi
Umur kerja busi efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000 Km/h. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun dan hasil pembakaran di ruang bakar juga tidak maksimal. Alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tidak terbakar dengan sempurna. Tenaga mesin pun menurun. Apabila umur busi masih muda, rajin-rajin lah di bersihkan saat servis rutin. Sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan. Motor boros tidak bertenaga bisa jadi karna faktor ini.

3. Pelumas
Daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal. Sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh),namun bensin hemat. Ingat pengantian oli yang rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM), akan membuat performa mesin selalu segar dan putarannya pun lancar. Ini juga yang menjadi masalah motor tidak bertenaga

4. Cek Kondisi Roda
Contoh yang bisa kita amati itu dari kelurusan putaran, kelancaran putaran roda dan lainnya. Sebab bila putaran roda berat atau tak presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya velg tidak center (speleng), bearing roda aus, atau kurang pelumasan dan sebagainya.

5. Setel Kopling
Ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.Bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.

6. Filter Karborator
Bagian ini juga penting untuk di perhatikan. Karena memiliki jangka waktu yang tidak panjang. Pada motor honda, filter yang di gunakan jenis viscous element. Jenis ini tidak bisa di bersihkan atau di semprot dengan angin bertekanan tinggi karna akan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Maka jalan satu-satunya harus diganti dengan yang baru.

7. Upgrade Mesin
Ditujukan buat motor yang memiliki jam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang sudah aus. Misalnya ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya. Cukup mengembalikan kepresisian komponen-komponen itu jadi normal kembali. Maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM pun akan lebih irit. Gejala motor tidak bertenaga bisa jadi karna ini.

8. Ringankan Beban Motor
Motor yg berat, bikin lari ikut berat. Pengendara jadi sering memilintir gas dalam-dalam saat mau berakselerasi cepat. Jadi sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot ringan.Misalnya pelek alumunium, swing arm dan sebagainya. Lebih baik menggunakan style standar bawaan pabrik. Penyebab tarikan motor tidak bertenaga bisa jadi karena hal ini

9. Cara Berkendara
Poin ini juga penting untuk diperhatikan oleh para biker karena beda moto beda pula sistem distribusi bahan bakar ke dalam mesin. Terlebih motor matic, biasanya para biker yang menggunakan motor matic langsung meng gas secara dalam pada start pertama. Ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih cepat. Ada baiknya saat awal start, pelan-pelan dalam meng gas motornya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam hemat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *