Tips Mengemudi Agar Hemat BBM

mengemudi-hemat

Cara Mengemudi Hemat BBM – Semua kendaraan bermotor pasti membutuhkan bahan bakar untuk menjalankannya. Terlebih lagi sebuah mobil, guna menunjung aktivitas sang pemilik sehari-hari kondisi mobil haruslah dalam kondisi terbaik. Mulai dari mesinnya, bahan bakarnya dan lain sebagainya. Bila digunakan terus menerus pastilah menbutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Terus menerus mengisi bensin pastilah kita berpendapat bahwa mobil kita boros.

Karena sebab itu, cobalah untuk lebih berhemat dalam menggunakan bahan bakar yang ada. Karena suatu saat sumber daya ini akan habis karna terus menerus digunakan. Apalagi saat ini belum banyak energi alternatif pengganti bahan bakar fosil tersebut.

Cara yang baik dalam berkendara ialah mengemudi secara hemat (Eco Driving) agar konsumsi BBM mobil tidak terlampau tinggi. Berikut ini tips agar mobil anda hemat bahan bakar.

  1. Kurangi penggunaan mobil anda
    Tahukah Anda bahwa kendaraan lebih boros dan lebih mengeluarkan lebih banyak polusi pada saat dinyalakan dan dikendarai dengan jarak yang pendek. Alasannya, bahwa catalytic converter (yang mengurangi emisi polusi udara) tidak beroperasi dengan baik sampai mesin benar-benar hangat. Nah, perjalanan kurang dari 5 Km umumnya tidak memungkinkan mesin untuk mencapai suhu operasi puncaknya.Oleh sebab itu, hindarilah menggunakan mobil ketika Anda hendak menempuh perjalanan dengan jarak pendek. Gunakan sepeda atau bahkan jalan kaki, yang jelas memberikan manfaat pada kebugaran Anda.
  2. Jangan panasi mobil terlalu lama
    Kebiasaan pengendara di Indonesia adalah mereka selalu menghidupkan mesin untuk beberapa saat sebelum menggunakan mobil mereka. Kegiatan ini, memang diperlukan bagi kendaraan keluaran lama, namun sudah bisa ditinggalkan di jenis kendaraan keluaran terbaru.Kegiatan yang umum disebut memanaskan mesin mobil ini sendiri bisa menjadi salah satu penyebab bahan bakar terkuras dari tangkinya. Hal ini bisa terjadi jika pengguna memanasi mobil terlalu lama atau dengan menginjak pedal gas dalam-dalam.
  3. Atur putaran mesin
    Ketika sudah mengendarai mobil, ketangkasan pengemudilah yang menjadi penentu irit atau borosnya sebuah kendaraan mereka. Salah satu cara efektif untuk menghemat konsumsi BBM saat berada di jalan adalah dengan mengatur putaran mesin dengan memasukkan gear di saat yang tepat. Melaju dengan putaran mesin terlalu tinggi atau rendah secara konstan tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi mengucur deras. Putaran mesin ideal saat berkendara adalah sekitar 3.000 rpm.
  4. Kendarai mobil dengan gigi yang tepat
    Mengendarai mobil dengan gigi rendah akan membuat mobil Anda menjadi lebih boros bahan bakar. Sementara membiarkan mobil Anda berada pada top gear ketika melintasi kawasan berbukit/menanjak juga menghambur-hamburkan bahan bakar yang ada di dalam tangki mobil.Jika mobil Anda bertransmisi manual, segera pindahkan gigi setelah mobil nyaman dengan gigi yang lebih tinggi, tapi tanpa berakselerasi berlebihan pula.
  5. Berkendaralah dengan halus
    Upayakan untuk mengemudi dengan kecepatan yang konstan karena mobil akan jauh lebih efisien dan sedikit mengeluarkan polusi. Hindari berpergian pada jam-jam sibuk dan hindari pula jalanan-jalanan yang padat.Semakin sering Anda menginjak pedal gas, maka semakin banyak pula bensin yang berkurang. Kendarai mobil dengan jarak yang pas dengan kendaraan lain di depan Anda, sehingga Anda bisa mengantisipasi jika mobil itu berubah arah secara tiba-tiba.
  6. Hindari membawa barang yang berat
    Untuk dapat lebih meminimalkan penggunaan bahan bakar pada mobil tersebut. Sebaiknya hindari dari membawa muatan yang berlebihan agar ini tidak berefek pada penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi. Seperti juga menggunakan roof rack di atas mobil tersebut, juga dapat meningkatkan hambatan angin yang lebih tinggi disekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *