Cara Agar Motor Matic Hemat BBM 2016

ngacir-euy

Tips Hemat Motor Matic – Sebagian orang berpikir bahwa motor matic itu boros. Memang ada benarnya juga yang bilang jika motor matic itu boros tapi kita sebagai pemilik atau pengguna motor matic juga bisa loh mensiasati agar tidak terlalu boros.

Di balik keunggulan motor ini, ada satu kekurangan yang mungkin saja memberatkan untuk beberapa orang, salah nya ialah penyerapan pada bahan bakar melebihi type motor yang lain, beberapa orang menyampaikan jika motor matic amat cepat dalam hal konsumsi bahan bakar, ini karena sebab tarikan gas motor ini tak dapat sesuai seperti seperti motor yang memakai oper gigi, diluar itu makin menambahnya umur motor ini, keborosannya pada bahan bakar bakal makin bertambah. oleh karenanya Menjaga Motor Matic Supaya Hemat BBM sangat utama.

Dalam soal Menjaga Motor Matic Supaya Hemat BBM butuh dikeahui kalau Pada tarikan pertama, motor matic bakal menarik sebagian persen bahan bakar, sama halnya ketika tanjakan bakal memerlukan tenaga serta mengkonsumsi bahan bakarnya bakal makin cepat. Bersamaan menambahnya umur motor ini, keborosannya bakal makin menjadi-jadi, beberapa orang tidak memperdulikan hal semacam ini, namun ada pula beberapa orang yang mengajukan pertanyaan pada mekanik, jawabanya berbagai macam, salah ini, salah itu, ubah ini, ubah itu, ujung-ujungnya salah dari motor anda yang minta ditukar perlengkapan. Kami akan memberikan solusi Cara Agar Motor Matic Hemat BBM :

  1. Jangan Terlalu Lama Dalam Pemanasan Mesin
    Untuk anda pengguna motor matic tidak perlu memanaskan mesin motor terlalu lama karena pada intinya sama saja dengan membuang bahan bakar. Kebiasaan dalam memanaskan mesin motor mungkin sudah tradisi dan menjaga agar motor tetep awet tahan lama dan selalu dalam kondisi prima.Untuk Motor terbaru biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama ,tujuan dari pemanasan mesin motor yaitu untuk memanaskan mesin sekaligus agar oli yang ada di dalam mesin melumasi komponen komponen yang ada dlam mesin tersebut , sehingga saat dijalankan motor ready untuk diajak beraktifitas. Untuk pemanasan sendiri anda cukup memanaskan sekitar 3-5 Menit , anjuran dari pada mekanik motor maksimal 10 Menit.
  2. Putaran Gas Motor
    Setiap pengendara yang menggunakan motor biasanya memiliki gaya tersendiri . tetapi untuk yang satu ini tentunya jelas berpengearuh pada kondisi bahan bakar yang digunakan .Jika anda terlalu sering menggeber gas motor dengan tiba tiba misalnya atau dalam irama gas yang tidak teratur maka aliran bahan bakar tersebut akan semakin besar. Hal tersebut pernah saya alami dan saya praktekan , dengan menggeber motor gas rem , gas rem, gas mentok , terus di rem maka bisa membuat bensin boros , beda halnya jika saat menarik tuas gas normal tidak langsung mengeber tapi bertahap dan kecepatan motor rata2 misalnya 60 terus.
    Bukan dengan menyentakan gas motor sampai kecepatan tinggi .Beda banget saat mengendari motor dengan menyentak gas kuat kuat dengan menggunakan gas motor dengan gaya normal yaitu perlahan lahan menarik gas motor ,lebih menghemat pelan pelan.
  3. Penggantian Oli Motor
    Jika Motor digunakan dalam jangka beberapa waktu terus motor yang anda kendarai tersebut mengalami penurunan performancenya , anda bisa melakukan pengecekan di bengkel terpercaya. Tarikan mesin biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor salah salah satunya adalah kinerja dari karburator sendiri mungkin setelanya tidak pass. Sumbatan yang terjadi pada karburator atau gangguan lain terhadap komponen lainya juga bisa menyebabkan bahan bakar terbuang sia sia dan tenaga menjadi drop. untuk itu anda bisa melakukan penggantian oli motor berkala agar tetep awet dan performance tetep prima.
  4. Cek Berkala Sistem Pengapian
    Mengatur Komponen pengapian ,hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator , anda bisa lakukan pengecekan pada komponen tersbut , bagaimana kondisinya secara berkala. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan tentunya agar kondisi pengapian tetap seperti pada pabrikan dengan harapan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal.
  5. Cek Bagian Filter Angin Secara Berkala
    Mengapa anda harus melakukan check komponen ini , apakah berpengaruh? Dengan filter udara yang kotor maka akan mengakibatkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat. Biasanya kotornya filter tersebut sering diabaikan oleh kebanyakan pengguna sepeda motor matic. Pastikan selalu membersihkannya secara teratur untuk menghindari penyumbatan udara dan disarankan melakukan pergantian filter udara jika sudah sampai 15.000 km.
    Apabila hal- hal diatas diperhatikan, maka akan sangat bermanfaat sekali bagi anda yang menginginkan motro irit dan menghemat dompet. Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga dapat menjadi pertimbangan bagi anda para pemilik motor matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *