Penyebab Knalpot Motor Ngebul

knalpot-injeksi-ngebul-euy

Penghemat BBM Mobil – Diagnosa dan pengenalan kerusakan terhadap kendaaran penting dilakukan, agar kita sebagai pengguna dapat mengambil langkah antisipasi paling cepat. Terutama saat sepeda motor sudah terasa tidak normal lagi. Nah, salah satu masalah yang sering muncul pada motor usia tua, khususnya bermesin 4 tak adalah keluarnya asap putih yang ngebul dari sistem pembuangan.

Asap yang keluar dari knalpot merupakan hasil pembakaran mesin. Warna dan tebalnya asap dari knalpot itu bisa dipakai sebagai indikasi kondisi dari mesin itu sendiri. Mesin yang sehat mengeluarkan asap yang tidak berwarna dan tidak terlihat. Apabila asap keluar dengan tebal dan berwarna putih, abu-abu, hitam atau biru, maka mesin tersebut sedang bermasalah. Asap hitam atau abu-abu disebabkan pembakaran yang kurang sempurna, artinya: ada sejumlah bahan bakar yang gagal terbakar. Sisa bahan bersama udara buangan menjadikan asap berwarna hitam. Kesimpulannya: Asap berwarna hitam dapat menjadi tanda mesin tersebut boros BBM, dan tenaga yang dihasilkannya tidak bisa 100%.

Kondisi ini biasanya ditimbulkan karena seal klep yang sudah aus sehingga tidak dapat lagi menahan oli mesin yang melumasi kepala silinder dengan baik. Oleh karena itu, oli mesin akan ikut masuk ke ruang bakar pada saat klep in dan klep ex bekerja naik turun.

Berikut ini penjelasan terkait penyebab oli merembet ke dalam silinder :

  1. Piston yang sudah  oblak terhadap dinding silinder
    Hal ini disebabkan oleh silinder yang sudah aus. Akibatnya cengkraman ring oli menjadu kurang, sehingga oli tidak bisa dibesut sampai bersih dari dinding silinder. Piston yang aus juga bisa mengakibatkan kebocoran oli. Cara mengatasinya yaitu harus mengganti piston dengan ukuran yang lebih besar. Tanda lainnya silinder harus oversize ialah tenaga motor yang sudah loyo disamping keluar asap putih.
  2. Ring oli yang aus juga menjadi penyebab keluarnya asap putih dari knalpot. Tugas utama ring oli adalah memberikan pelumasan kepada dinding silinder. Salah satu akibat dari ring oli yang aus adalah tidak mampu menahan oli agar tidak merembes ke dalam ruang silinder.
  3. Seal klep yang sudah mengeras, robek juga bisa menyebabkan oli bocor dan masuk ke ruang pembakaran.  Efek dari mengerasnya seal klep ini yaitu longgarnya batang klep, sehingga menjadi jalan bagi oli untuk masuk ke dalam ruang bakar.
  4. Packing antara blok dan kop silinder yang tidak terpasang dengan baik juga bisa mengakibatkan oli bocor kedalam ruang bakar. Walaupun hal ini kecil kemungkinan, namun bisa saja terjadi pada motor Anda.
  5. Jika knalpot mengeluarkan asap putih pada motor 4 tak kemungkinan knalpot tersebut telah di semprotkan oli, dengan memiliki alasan supaya knalpot tidak mudah kropos atau awet dan tahan lama, sehingga disaat motor tersebut di hidupkan mengeluarkan asap putih dan sebetulnya penyebab yang satu ini tidak beresiko pada mesin kendaraan bermotor kita, untuk memastikan bahwa asap putih terjadi karena di akibatkan knalpot maka coba di buka knalpotnya dan setelah di lepas selanjutnya. Mesin motor di hidupkan dan langsung perhatikan di saat hidup apakah masih mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot atau tidak, kalau tidak mengeluarkan asap putih setelah di buka knalpot saat posisi mesin motor di hidupkan maka tidak menjadi hal karena mesin motor tidak memiliki kelemahan atau kerusakan yang mengakibatkan asap putih atau makan oli, tetapi jika setelah dilepas knalpot dan posisi motor dalam keadaan mesin hidup masih mengeluarkan asap putih maka ada kerusakan yang harus di perbaiki pada kendaraan tersebut.
  6. Botol klep, penyebab berikutnya jika terjadi asap putih pada motor 4 tak tersebut adalah karena Botol klep yang lobok/longgar atau tidak padat saat di pasang payung klep, cara memperbaikinya harus di ganti yang baru botol klepnya supaya memiliki kepadatan pada posisi pemasangan payung klep. dan usahakan harus tepat pemasangannya, karena jika botol klep tidak duduk pada posisi yang tepat akan mempersulit kita pada saat menyekir klep.

Ini saja yang dapat kami sampaikan. Sampai bertemu di tips berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *