Penyebab Motor Boros (Part 1)

atur-gas-motormu

Penyebab Motor Boros Bensin – Saat anda merasa motor anda mengkonsumsi BBM atau bensin diluar dari kewajaran atau lebih dari pada sebelumnya maka disitu anda menyatakan motor anda boros. Apa lagi motor yang anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari pastinya selalu menjadi andalan yang akan mengantarkan anda kemanapun.

Berbicara tentang boros bensin motor tidaklah signifikan, di awal anda membeli motor anda merasa motor anda itu irit atau hemat bensin namun disaat anda bertemu dengan teman yang memiliki motor jenis berbeda dia mengatakan bahwa motornya irit dan lebih irit dari anda, disitu anda langsung mengklaim bahwa motor anda boros. inilah yang dimaksud tidak signifikan. Secara utilitas boros konsumsi bensin pada motor itu adalah diluar dari kebiasaan, jika anda membandingkan antara jenis motor maka itu tidak akan ketemu jawabannya karena setiap merek motor pastinya memiliki keunggulan masing-masing.

Mari disimak beberapa point dibawah ini :

  1. Service yang tidak teratur
    Ini merupakan masalah umum hampir semua pengguna motor sudah mengetahuinya, jika motor anda sangat jarang di service maka rentang mengakibatkan mesin motor mengalami masalah. Selain mengakibatkan boros dampak lain juga banyak, seperti suara mesin pecah, mersah engine bagian dalam dan lain-lain.
  1. Oli minus
    Untuk hal yang satu ini sangatlah bahkan wajib di perhatikan. Karena oli yang memiliki peran penting dalam mengamankan bagian mesin anda dari hal-hal yang dapat menyebabkan masalah pada motor anda. Tetapi banyak pengguna motor yang salah paham, menganggap oli itu di isi jika sudah habis, ini adalah anggapan yang salah, sebenarnya tidak ada istilah mengisi oli tapi yang ada mengganti oli. Menurut pengakuan para mekanik oli motor yang sudah kadaluarsa atau masa layak pakai sudah habis dan tidak segera diganti maka oli  itu akan cepat aus dan terserap mesin dan menguap melalui knalpot, setelah itu akan mengganggu kinerja mesin sehingga menyerap bensin dengan cepat. Jika di kalkulasikan waktu ganti oli minimal satu bulan untuk pemakaian penuh namun jika jarang anda menggunakan motor anda, anda bisa mengganti olinya dua bulan sekali. Biasanya perhitungan nya itu 2000 km sekali untuk mengganti oli mesin anda.
  1. Membiarkan Bensin Kering total
    Ini biasa terjadi bagi pemilik motor yang malas atau juga bagi orang yang meminjam motor orang lain dan dia tidak punya perasaan, menjalan motor tanpa mengecek bensin terlebih dahulu, akhirnya mesin mati di tengah jalan, jika ini sering terjadi maka sangat rentan mengakibatkan motor boros bensin, apalagi pada motor jenis matic.
  1. Mesin off tapi bensin full tank
    Jika anda bepergian jauh meninggalkan rumah dan lama kembali sampai berbulan-bulan,  jangan pernah anda meninggalkan motor anda dalam keadaan bensin full di tanki, menurut pengakuan para mekanik ini sangat tidak baik pada mesin motor dan bisa mengakibatkan motor itu boros bensin. Sebaiknya anda menitipkan motor anda pada tetangga atau saudara terdekat, karena mesin itu jika sudah dialiri minyak baik bensin atau oli dan tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama akan cepat mengakibatkan kerusakan, berbeda halnya dengan motor yang ada di showroom, mesinnya belum dialiri minyak.
  1. Geber gas yang tidak karuan
    Maksud dari pada geuber adalah mengocok-ngocok gas motor dengan tidak beraturan, kadang ngebut kadang lambat seperti semut ini biasanya terjadi pada anak muda yang ugal-ugalan. Berbeda halnya dengan motor RC atau motor balap yang memang khusus di desain untuk permainan seni gas, jika motornya matic atau 4 tack lebih baiknya jangan karena itu akan merugikan diri sendiri. sangat rentan membuat motor boros bensin dan merusak mesin.
  2. Karburator Kotor
    Bahan bakar di pom bensin dinilai tidak dapat terjamin kebersihannya. Sehingga dimungkinkan jika bensin akan mengganggu kinerja karborator menjadi tak maksimal. Alhasil, pembakarannya pun bakal kurang maksimal. Karena di karburator inilah perputaran dari bahan bakar hingga penyaluran udara terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *