Penyebab Motor Boros (Part 2)

isi-bensin-dulu

Penyebab Motor Boros – Masih melanjutkan dari postingan yang sebelumnya terkait motor yang boros apa penyebabnya. Mari kita simak sama-sama poin-poin dibawah ini :

  1. Klep bocor
    Penyetelan klep motor sangat dibutuhkan. Sebab, klep adalah salah satu penyebab konsumsi bensin boros atau tidak. Apalagi kalau klepnya bocor, tentu mempengaruhi konsumsi dari bahan bakar tersebut. Maka dari itu cobalah dibuat servis berkala agar komponen-komponen bagian dalam dapat di cek selalu. Ini juga penyebab motor boros bensin.
  2. Tuas gas seret
    Bila tuas atau kabel gas tidak lancar (seret) saat ditarik, pergerakan skep di karburator juga akan terhambat, sehingga saat tuas gas ditarik dan dilepas, skep tidak bekerja sempurna karena kecepatannya terhambat oleh kawat yang seret karena kotor. Kondisi ini juga akan membuat boros konsumsi bahan bakar. Inilah yang menjadi penyebab motor jadi boros bbm bahan bakar.
  3. Perilaku pengendara
    Perilaku pengendara juga menyumbang peran besar dalam konsumsi bahan bakar sebuah motor. Jika si pengendara melakukan aksi agresif di jalan dan kerap bermanuver dengan kecepatan tinggi hal itu akan memengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Selain itu perilaku yang seperti ini juga dapat membahayakan keselamatan dirinya maupun orang lain.
    Knalpot free flow alias knalpot racing dapat menyebabkan motor boros. Biasanya knalpot racing atau free flow ini dapat menyumbang 10% keborosan motor anda, namun tidak mendongkrak performa secaqra signifikan, apalagi ketika motor anda masih berada dalam keadaan standar. Karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan knalpot free flow, apabila mesin motor anda masih standar, karena knalpot free flow ini “meminta” bahan bakar lebih daripada penggunaan knalpot standar. Ini juga lah yang menjadi penyebab bensin boros pada sepeda motor
  4. Tekanan ban yang rendah (kempes)
    Jangan remehkan ban yang sudah kempes di motor anda. selain ban kempes berpotensi tinggi untuk merusak ban, velg, laher, komstir, dan bagian roda bergerak lainnya di motor anda, tekanan ban yang rendah juga dapat menyebabkan motor anda menjadi bertambah boros loh. Ya, tekanan ban yang terlalu rendah atau kempes, dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat, karena daya cengkram yang sangat buruk. Mesin yang bekerja lebih berat ini tentu saja dapat menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak, sehingga dapat menyebabkan motor boros. Oleh karena itu ini menjadi penyabab sepeda motor boros bensin dan bbm
  5. Kerak karbon yang menumpuk di ruang pembakaran
    Faktor yang paling sering membuat motor boros adalah karena tumpukan kerak karbon pada ruang bakar. Kerak karbon merupakan sisa – sisa dari pembakaran motor anda, dimana dapat menghambat kinerja dan juga performa mesin, serta dapat menyebabkan motor menjadi boros. Biasanya, kerak karbon dapat menempel dan mengganggu performa motor karena penggunaan bahan bakar yang berkalitas buruk dan juga tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor anda. Pemilihan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi juga dapat mengurangi kerak atau sisa-sisa dari bahan bakar tersebut
  6. Beban pengendara yang berat
    Beban yang ditanggung oleh motor juga sangat berpotensi untuk menyebabkan motor boros. Ya, motor sudah memiliki angka beban maksimal. Apabila angka beban maksimal yang bisa ditanggung oleh motor ini tidak ditaati, maka jangan heran apabila motor anda menjadi boros dan cepat rusak. Hindari membawa beban yang berlebihan di atas motor terlebih beban mati. Tidak hanya bensin yang boros, hal seperti ini juga dapat mempengaruhi komponen yang lainnya seperti shockbreaker, ban dan lain-lainnya.
  7. Atur jarak cengkraman rem
    Selain ban, rem juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kondisi borosnya bahan bakar motor anda. Ada banyak sekali pengaturan pada rem yang salah, sehingga rem terlalu mencengkram, yang menyebabkan perputaran roda menjadi lebih lambat, meskipun anda sudah membuka gas. Alhasil konsumsi bahan bakar tinggi tapi laju motor tidak sesuai dengan gas yang ditarik.
    Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *