Langkah Menghemat BBM

liquid_filtration_fuel_1

Cara Menghemat BBM – Bahan bakar minyak atau biasa disebut BBM adalah kebutuhan pokok setiap pengendara mobil. Sebagai bahan bakar yang tidak bias diperbarui, maka harga BBM akan meningkat setiap waktunya. Mengirit BBM adalah salah satu solusi yang tepat bagi anda para pengendara mobil, selain menghemat pengeluaran menghemat BBM juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup anak cucu kita. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil anda bik mobil bensin atau mobil diesel.

Berikut adalah tips serta saran yang dapat Anda gunakan :

  1. Menginjak Pedal Gas Secara Perlahan

Banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa cara mereka menginjak pedal gas mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Jika anda menginjak pedal gas dengan keras maka mesin akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. Untuk cobalah untuk menginjak pedal gas dengan perlahan sehingga dapat mengirit bahan bakar anda.

  1. Kemudikan Kendaraan Sesuai Batas Kecepatan yang Ditentukan

Cara paling mudah dan efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan. Efisiensi BBM mobil Anda akan menurun drastis seiring dengan penambahan kecepatan mobil Anda.

  1. Atur Putaran Mesin

Laju putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah secara konstan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Putaran mesin yang ideal adalah sekitar 3.000 rpm.

  1. Jaga Jarak dengan Kendaraan di depan Anda

Anda akan menghemat BBM jika Anda menjaga jarak dan tidak menempel pada kendaraan di depan Anda, karena jika Anda harus mengerem mendadak kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula, pengereman dan penekanan pedal gas akan jauh lebih memboroskan BBM.

  1. Matikan Mesin Saat Macet

Jika anda sedang terjebak macet, apalagi saat benar – benar tidak dapat berjalan ada baiknya anda mematikan mesin mobil anda. Menyalakan mesin mobil saat tidak berjalan akan membuat bahan bakar terbuang secara percuma.

  1. Hindari Berhenti dalam Kondisi Mesin Menyala dalam Waktu Lama

Jika Anda berhenti selama lebih dari satu menit, mematikan mesin akan menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu untuk mobil baru hanya perlu dipanaskan selama beberapa detik saja sebelum pemakaian.

  1. Tambah Kecepatan secara Bertahap

Jika Anda menekan pedal gas secara mendalam dengan cepat setelah mengurangi kecepatan, konsumsi BBM akan lebih besar.

  1. Matikan Semua Perangkat Elektronik dan AC Sebelum Mematikan Mesin

Jika Anda mematikan semua perangkat sebelum mematikan mesin, maka saat Anda menyalakan mesin kembali, jumlah bahan bakar yang terpakai akan lebih sedikit karena beban lebih ringan.

  1. Jangan Terlalu Sering Menginjak Rem

Menginjak rem pada saat berjalan membuat bahan bakar mobil anda terkuras karena anda juga akan sering menginjak gas. Paculah mobil anda sesuai aturan batas kecepatan yang berlaku agar anda tidak terlalu sering menginjak rem.

  1. Kondisi Angin pada Ban

Tekanan angina yang sesuai dapat menghemat bahan bakar anda samapi 3%. Oleh karena itu, pastikan tekanan angina pada ban anda sesuai dengan standar yang berlaku sehingga bahan bakar anda tetap awet.

  1. Parkir di Tempat Teduh

Alasan ilmiahnya adalah jika mobil Anda lebih sejuk, penguapan bahan bakar akan lebih sedikit.

  1. Menutup Jendela

Saat anda melakukan perjalanan usahakan untuk menutup jendela mobil anda. Jendela mobil yang terbuka akan menambah beban dan akan membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

  1. Perhatikan Beban

Semakin berat beban yang anda bawa pada mobil anda, maka konsumsi bahan bakar juga meningkat karena setiap 50kg beban akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 2 %. Untuk itu ada baiknya jika anda membawa barang yang benar – benar anda perlukan untuk menghemat BBM pada mobil anda.

  1. Keselarasan Roda

Keefisiensian bahan bakar akan berkurang jika roda anda tidak selara. Untuk itu pastikan anda memeriksa keselarasan roda sehingga mampu mengoptimalkan bahan bakar anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *