Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Awet

perawatan-motor-injeksi-honda

Penghemat-bbm.net – Memiliki sepeda motor itu sudah pasti kita harus melakukan perawatan dengan baik dan benar, agar motor yang kita miliki tetap dalam kondisi prima dan awet. Kali ini kami akan sharing terkait tips merawat motor injeksi yang mungkin perlu anda ketahui. Walaupun ada bengkel resmi dalam hal mengecek kondisi motor, kita sebagai pemilik juga harus mengetahui poin-poin apa saja yang kiranya patut mendapatakan perhatian khusus. Agar mampu menghemat kantong anda.

Sebenarnya perawatan motor yang khususnya menggunakan piranti pengabutan bahan bakar berupa injektor,sebenarnya untuk perawatan motor antara karburator dengan injeksi tidak jauh berbeda. Kalaupun ada perbedaan hanya pada bagian bagian tertentu yang mendapatkan perhatian ekstra serta waktu perawatan saja. Intinya perawatan ini bertujuan untuk menjaga agar kinerja motor dengan sistem injeksi tetep prima selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerusakan di bagian injektor.

cara-merawat-motor-fuel-injeksi
                                                                                          cara-merawat-motor-fuel-injeksi

Untuk pemilik motor khususnya yang menggunakan sistem injeksi, apabila motor telah digunakan dan menempuh jarak 2.000 kilometer maka ada komponen yang perlu diganti agar performa motor tetap prima. Berikut ini tips yang bisa dicoba oleh Anda dirumah:

  • Selang Saluran Bahan Bakar
    Injektor memiliki fungsi yaitu menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin yang takaran dan waktunya diatur oleh piranti Electronic Control Unit (ECU).
    Komponen tersebut selain berperan penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin , komponen tersebut juga sangat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yang digunakan pada sebuah motor.
  • Pompa Bahan Bakar
    Jika anda mempunyai motor injeksi baik itu supra x revo atau motor lainya yang sudah menggunakan sistem injeksi dan telah lebih dari 50.000 kilometer atau kelipatanya, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar. untuk mendeteksi gejala masalah di komponen tersebut anda bisaa melakukan dengan cara, yaitu menghidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising , selanjutnya anda dengarkan bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing.
  • Pastikan Ketepatan Posisi Klep Injector
    Meski waktu dan tekanan ke klep di atur oleh komponen yang dinamakan dengan ECU( yang sudah di program oleh pabrikan ).Namun ,tak jarang posisi klep akan mengalami perubahan karena berbagai faktor penyebab.
    Oleh karena itu ,agar kinerja injektor benar benar maksimal , maka pastikan bahwa klep berada di posisi yang tepat , artinya ,tidak terlalu renggah dan juga tidak terlampau rapat.
  • Periksa Rutin Busi dan Filter Udara
    Busi merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi untuk pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar.Ketepatan pantikan api yang di hasilkan busi dengan semburan bahan bakar (bensin) yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.
    Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadikan proses tidak maksimal dan juga menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo,Oleh karena itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan katub busi.
    Begitupun dengan filter udara , Bila filter kotor maka anda bisa segera bersihkan sedangkan bila sel sel kerta telah sangat kotor atau rusak lebih baik anda segera melakukan pergantian dengan yang baru.
  • Rawat ECU Dengan Baik
    ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit adalah ota yang mengatur keseluruhan unit injektor , baik takaran bahan bakar yang akan di semprotkan maupun bukan tutup klep injektor.Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan menyebabkan kinerja injektor tidak akan berjalan dengan baik .Satu diantaranya misalnya seperti semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.Dari hal tersebut maka akan berakibat stationer mesin menjadi tidak stabil. Bila tingkat kerusakan yang terdapat pada komponen ECU telah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan alias Mogok. Untuk Kerusakan yang terjadi pada ECU sendiri ada beberapa penyebab,diantaranya yaitu seperti gangguan kelistrikan karena over supplay, voltase sumber kelistrikan rendah,korsleting dan lain sebagainya.

Demikian infromasi yang bisa kami berikan. Semoga Anda makin bijak dalam merawat motor injeksi agar tetap prima dan awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *